Streetdirectory

  • "ADAB MAKAN"



    Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    AAlhamdulillah, hari ini Allah masih berkenan memberikan kami kesempatan untuk berbagi sedikit ‘ilmu kepada saudara-saudara kami yang kami cintai karena Allah. Kami-pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan yang Allah berikan.

    Semoga selebaran ini bisa sebagai sarana untuk para muslimah menjadi seseorang yang memesona dengan kepribadiannya yang Islami karena setiap kata dan sikapnya sesuai dengan adab-adab yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.Shallallahu’alaihi wa Sallam yang merupakan qudwa (contoh) terbaik kita.

    Bagaimanakah adab seseorang ketika dia makan??

    Sungguh sempurna bener agama Islam dengan syari’atnya, soal makan aja ada adabnya. Yuk kita baca, apa-apa aja sich adab-adabnya, tapi setelah baca jangan lupa aplikasinya......

    1. Niat yang Benar
    Seharusnya seorang Muslim menghadirkan niat yang benar pada makanannya untuk mendapatkan kekuatan dalam menjalankan ketaatan kepada Allah Ta'ala, menjaga kehidupan dan kesehatannya sehingga amalan shalih dapat dilakukan dengan berkesinambungan menjadi sebuah ibadah yang dapat menghasilkan pahala.

    2. Mencari Makanan yang Halal
    Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, "Hai Rasul-Rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. 23: 51)
    Dan di surah lain, "Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah." (QS. 2: 172)

    3.Memulai Makan dengan Mengucapkan ’Bismillah’
    Berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa Sallam, “Apabila salah seorang diantara kalian hendak makan, maka ucapkanlah: ‘Bismilah.’

    Dan jika ia lupa untuk mengucapkan Bismillah di awal makan, maka hendaklah ia mengucapkan ‘Bismillahi Awwalahu wa Aakhirahu (dengan menyebut nama Allah di awal dan diakhirnya).’” (HR. Daud )

    4. Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan.
    Hadits Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa Sallam, “Sungguh Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa Sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, Abu Daud)

    5. Hendaknya tidak meniup pada makanan yang masih panas dan tidak memakannya hingga menjadi lebih dingin.

    6.Makan memulai dengan yang letaknya terdekat kecuali bila macamnya berbeda maka boleh mengambil yang jauh.
    Hadits Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa Sallam, ”Wahai anak muda, sebutkanlah Nama Allah (Bismillah), makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa-apa yang dekat denganmu.” (HR. Bukhari Muslim)

    7. Jika makan bersama orang miskin, maka hendaknya kita mendahulukan mereka.

    8.Hendaknya menjilati jari jemari sebelum mencuci tangan.
    Sabda Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa Sallam, “Apabila salah seorang diantara kalian telah selesai makan maka janganlah salah seorang dian-

    tara kalian mengusap tangannya hingga ia menjilatinya atau minta dijilati.” (HR. Bukhari Muslim)

    8. Akhiri makan dengan pujian kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.
    Sabda Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa Sallam, “Barangsiapa telah selesai makan hendaknya dia berdo’a, “Alhamdulillaahilladzi ath’amani hadza wa razaqqaniihi min ghairi haulin minni walaa quwwatin. Niscaya akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Daud)

    Maroji’:
    Adab adab Harian Muslim, Ibnu Katsir

0 Comment:

Posting Komentar

Thank You For Ur Visit

.:Selami Ilmunya:.

.:Blog Sahabat:.

“Ingin aku ungkap semua dalam bait-bait kata bersahaja, dan mengikatnya dalam tulisan karena terkadang mulut sulit untuk berkata dan mengungkap semua ..."