Streetdirectory

  • "Hukum Wanita Menemui Supir Dan Pembantu Laki-Laki"


    Oleh:
    Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

    Pertanyaan:
    Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya, ”Bagaimana hukumnya menemui para pembantu laki-laki dan para supir? Apakah mereka termasuk kategori bukan mahram? Perlu diketahui, bahwa ibu saya menyuruh saya keluar di hadapan para pembantu laki-laki dengan mengenakan kerudung di kepala. Apakah hal ini dibolehkan dalam agama kita yang lembut ini yang telah memerintahkan kita untuk tidak bermaksiat terhadap Allah Azza wa Jalla?”

    Jawaban:
    Supir dan pembantu laki-laki hukumnya sama dengan laki-laki lainnya yang bukan mahram, harus berhijab dari mereka jika mereka bukan mahram dan tidak boleh menampakkan wajah pada mereka serta tidak boleh bersepi-sepian dengan mereka, berdasarkan sabda Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, "Artinya: Tidaklah seorang laki-laki bersepi-sepian dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya) kecuali setan menjadi yang ketiganya." [Hadits Riwayat Tirmidzi dalam Al-Fitan 2165, Ahmad 115 dari hadits Umar]

    Dan karena keumuman dalil-dalil yang mewajibkan hijab serta mengharamkan tabarruj (berhias/bersolek) dan menampakkan wajah di hadapan laki-laki yang bukan mahram. Lain dari itu, tidak boleh mentaati ibu ataupun yang lainnya dalam kemaksiatan terhadap Allah.

    Muroji':
    [Kitabut Da'wah, hal.99, Syaikh Ibnu Baz]

    [Disalin dari. Kitab Al-Fatawa Asy-Syar'iyyah Fi Al-Masa'il Al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram, Penyusun Khalid Al-Juraisiy, Edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini, Penerjemah Musthofa Aini dkk, Penerbit Darul Haq]


1 Comment:

  1. Al Enrekangi mengatakan...

    ya ALLAH ya Rabbi, peliharalah kami dari godaan setan, peliharalah kami dari kejahatan hawa nafsu kami, jauhkanlah kami dari perbuatan zina.

    ya ALLAH, berilah kami kekuatan, teguhkanlah hati dan pendirian kami dalam menjalankan agamamu yang lurus.

    ya ALLAH, anugrahkanlan kepada kami taufiq dan hidayahmu agar kami dapat bersegera kepada kebaikan yang engkau ridhoi sehingga kelak kami termasuk di antara hambamu yang engkau dekatkan di sisi-Mu. Amin ya Rabbal alamin.

Posting Komentar

Thank You For Ur Visit

.:Selami Ilmunya:.

.:Blog Sahabat:.

“Ingin aku ungkap semua dalam bait-bait kata bersahaja, dan mengikatnya dalam tulisan karena terkadang mulut sulit untuk berkata dan mengungkap semua ..."